Gambyongcreatedbased on the nameof astreetdancer(tledhek) called theGambyonga contemporarySinuhunPakubuwonoIVin Surakarta(1788-1820). The figureis knownasadancerisbeautifuland has adance thatis quitebeautiful. Not surprisingly, he wasfamous throughout theSurakartaandcreatedthe nameDanceGambyong.
This danceis a kind ofsocial dancesin the community. CharacteristicDanceperformancesGambyong, beforestartingthe pieceis alwaysopened withPangkur. Looks beautifulandelegantdancewherethe danceris ableto alignwith therhythm ofdrummotion. Therefore, it iscommonly calledmusculardrumdancesandthe guidepiece.
Atthe time ofSurakarta, streetdanceaccompanimentinstrumentequippedwithbonangand gongs. Gamelanis usedusually includegender, gendersuccessor, drums, kenong, kempul, andgongs. All the instrumentswere takeneverywhereby meansbear.
Commonly knownamongdrummersDanceGambyonginstrument, playingdrumsis not something easy.Pengendangidenticalwith theflexibilityto be able todanceand be able tochime inwith therhythm ofthe piece. So no wonder, there is oftena dancercan not beseparated byGambyongpengendangalwaysescorted. Vice versa, apengendangwhohasknow-trackshow ofthe dancerGambyongwill be easyto harmonize
Add caption
Konon Tari Gambyong tercipta berdasarkan nama seorang penari jalanan (tledhek) yang bernama si Gambyong yang hidup pada zaman Sinuhun Paku Buwono IV di Surakarta (1788-1820). Sosok penari ini dikenal sebagai seorang yang cantik jelita dan memiliki tarian yang cukup indah. Tak heran, dia terkenal di seantero Surakarta dan terciptalah nama Tari Gambyong. Tarian ini merupakan sejenis tarian pergaulan di masyarakat. Ciri khas pertunjukan Tari Gambyong, sebelum dimulai selalu dibuka dengan gendhing Pangkur. Tariannya terlihat indah dan elok apabila si penari mampu menyelaraskan gerak dengan irama kendang. Sebab, kendang itu biasa disebut otot tarian dan pemandu gendhing.
Pada zaman Surakarta, instrumen pengiring tarian jalanan dilengkapi dengan bonang dan gong. Gamelan yang dipakai biasanya meliputi gender, penerus gender, kendang, kenong, kempul, dan gong. Semua instrumen itu dibawa ke mana-mana dengan cara dipikul.
Umum dikenal di kalangan penabuh instrumen Tari Gambyong, memainkan kendang bukanlah sesuatu yang mudah. Pengendang harus mampu jumbuh dengan keluwesan tarian serta mampu berpadu dengan irama gendhing. Maka tak heran, sering terjadi seorang penari Gambyong tidak bisa dipisahkan dengan pengendang yang selalu mengiringinya. Begitu juga sebaliknya, seorang pengendang yang telah tahu lagak-lagu si penari Gambyong akan mudah melakukan harmonisasi.
Posting Komentar